Cara mengatasi jerawat secara alami

Pada kesempatan artikel ini akan dibahas pengertian jerawat, proses terjadinya, penyebab, mendiagnosis, dan bagaimana cara untuk mengatasi atau menyingkirkan jerawat dengan cara alami.

Cara mengatasi jerawat secara alamiJerawat dalam istilah medis dikenal sebagai Vulgaris, merupakan penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel rambut, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian jerawat bisa baca di situs Wikipedia jerawat adalah (https://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat). Jerawat biasanya terjadi pada mas pubertas, ketika kelenjar sebeceous (minyak) datang ke kehidupan – kelenjar dirangsang oleh hormon laki-laki yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. 

Jerawat tidak berbahaya, tetapi dapat jerawat meninggalkan kulit bekas luka, kulit manusia memiliki pori-pori yang terhubung ke kelenjar minyak yang terletak di-bawah kulit. Kelenjar terhubung ke pori-pori kulit melalui folikel.  Kelenjar ini memproduksi sebum, cairan berminyak, sebum membawa sel kulit mata melalui folikel ke permukaan kulit. Rambut tumbuh melalui folikel yang keluar dari kulit. Jerawat tumbuh ketika folikel ini tertutup, menyebabkan akumulasi minyak di bawah kulit.

Pada manusia, jerawat cenderung muncul pada wajah, punggung, dada bahu dan leher. Sederhananya terbentuknya jerawat seperti berikut ,  sel-sel kulit, sebum dan rambut dapat rumpun bersama-sama ke dalam sebuah plug, plug ini terinfeksi dengan bakteri yang dapat mengakibatnya pembengkakan, jerawat mulai berkembang ketika steker mulai mendobrak.

Untuk lebih jelasnya silakan melihat proses terjadinya jerawat pada video di bawah ini.

Fakta tentang jerawat

Perlu anda ketahui tentang fakta dari jerawat ini.
  1. Jerawat adalah penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel dan rambut
  2. Jerawat umum terjadi selama masa pubertas atau masa remaja
  3. Jerawat tidak berbahaya, tetapi dapat meninggalkan bekas luka pada kulit
  4. Jenis jerawat mencangkup Whiteheads, komedo, papula, pustula, nobules, kista.
  5. sekitar umur 11 hingga 30 tahun mungkin akan mendapatkan jerawat.
  6. Jerawat dapat memengaruhi orang-orang dari semua ras dan segala usia.
  7. Para Ahli percaya penyebab utama jerawat adalah menaikkan produksi hormon androgen
  8. seringnya terkena jerawat juga dapat disebabkan dari genetika.
  9. Jerawat dapat dipengaruhi oleh siklus menstruasi, kecemasan dan stres, iklim panas dan lembap, make-up, rambut berminyak dan meremas jerawat.
Bacalah artikel lengkapnya di bawah ini agar anda dapat memahami lebih detail dari fakta tentang jerawat di atas.

Penyebab Timbulnya jerawat

Secara umum penyebab timbulnya jerawat ada 6 yaitu produksi minyak yang berlebih, sel-sel kulit mat, bakteri, kosmetik, obat-obatan dan penggunaan handphone. untuk lebih jelasnya silakan anda baca di bawah ini.

Produksi minyak berlebihan
jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor intern atau faktor dalam tubuh. Jerawat terbentuk  karena kondisi kulit yang tidak normal akibat gangguan berlebih pada produksi kelenjar minyak. Yang menyebabkan penyambutan pada saluran folikel rambut dan pori-pori pada kulit. Penyebab jerawat yang paling umum biasanya disebabkan oleh tumpukan minyak, hormon atau sebum di kulit yang terkena bakteri.

Sel-sel kulit mati
Penyebab utama jerawat kebanyakan disebabkan kelebihan kelenjar minyak yang dihasilkan oleh hormon androgen. Jerawat ini timbul karena tercampur nya kelenjar minyak dengan sel kulit yang telah mati. Apabila sel kulit mati ini tercampur dengan dengan debu atau kotoran yang banyak dapat mengalami terjadi penyambutan yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak sekali orang-orang beranggapan bahwa jerawat hanya ada pada wajah, asal tau saja jerawat juga ada pada bagian tubuh lain, seperti pada bagian dada, lengan atas atau pun di punggung.

Bakteri
yang dapat membuat masalah menjadi lebih rumit biasanya terdapat bakteri di kulit. Yang mengarah kepada perkembangan biakan di dalam kelenjar minyak yang tersumbat, (untuk mengetahui tentang kelenjar minyak silakan baca artikel lebih lengkapnya disini https://id.wikipedia.org/wiki/Kelenjar_minyak).  Perkembangbiakan bakteri pada kelenjar minyak ini dapat menghasilkan zat yang dapat menimbulkan iritasi. Kelenjar minyak akan terus membengkak, dan mungkin juga akan pecah, yang selanjutnya menyebarnya radang pada kulit. Itulah yang akan terjadinya jerawat batu.

Kosmetik
Salah satu dari beberapa penyebab tersumbat nya pori-pori terjadi karena penggunakan make-up atau kosmetik yang mengandung banyak sekali bedak atau minyak. Maka dari itu saran saya adalah sebelum anda tidur malam lebih baik anda untuk membersihkan bekas kosmetik yang telah anda gunakan.

Obat-obatan
Obat-obatan adalah salah satu potensi penyebab munculnya jerawat disebabkan aktivitas bakteri patogen yang terus meningkat.

Telepon Genggam
Iya Telepon genggam atau HP (handphone) bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah anda, ini disebabkan karena Permukaan HP dapat menjadi tepat atau lahan bagi tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya lebih baik anda jika menelepon menggunakan headset atau bisa anda bersihkan HP anda secara berkala.

Jenis-jenis Jerawat

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi jerawat, kita wajib mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis jerawat sehingga akan memudahkan kita untuk mendiagnosis cara apa yang lebih cocok untuk anda terapkan dalam mengatasi jerawat yang anda derita. Terdapat 7 jenis-jenis jerawat, untuk keterangannya anda bisa membacanya di-bawah.

Jerawat biasa
Jerawat Biasa
Sumber : wajahjerawat.com
Jerawat biasa sangat mudah untuk kita kenali dikarenakan bentuk dari jerewat yang kecil dan berwarna pink atau  kemerahan. Jerawat biasa ditimbulakan karena tersumbatnya pori-pori kulit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini bernama propionibacterium acne. Bakteri propionibacterium acne biasanya yang menginfeksi dari kuas make-up, jari-jari tangan dan juga HP, yang perlu diperhatikan adalah bakteri ini dapat menimbulkan iritasi pada wajah anda

Jerawat batu
Jerawat batu
Sumber : www.cantikalamiku.com
Jerawat batu atau nama kerennya adalah Cytic Acne. Adalah jerawat yang memiliki ukuran yang besar dan meradang. Pada pederita jerawat batu ini biasanya karena faktor genetik yang memiliki. Kelenjar minyak yang sangat aktif , pertumbuhan sel kulit yang lambat yang tidak secepat pada regenerasi kulit yang normal dan memiliki respon yang sangat berlebih kepada peradangan yang akan mengakibatkan bekas di kulit. Jerawat batu merupakan jerawat yang tergolong paling parah dari jenis-jenis jerawat lainnya.

Komedo
Komedo
Sumber : www.auraglow.co.id
Penyebab komedo adalahh sel-sel kulit yang telah mati dan sekresi kelenjar minyak berlebih. Komedi dibagi menjadi dua yaitu komedo terbuka (Blackhead) dan komedo tertutup (Whitehead). Komedo tertutup (Whitehead) terdapat kulit yang tumbuh diatas pori-pori sehingga terbentuk seperti tonjolan kecil yang berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka (Blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Jerawat Juvenil
Jerawat Jevenil biasanya muncul pada masa remaja yaitu sekitar umur 14 hingga 20 tahun. Penyebab jerawat Jevenil tidak stabilnya hormon dalam memproduksi sebum.

Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris adalah semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka (whitehead), komedo tertutup (Blackhead) ataupun jerawat yang diikuti dengan kulit berwarna pink dan bersisik. Jerawat Vulgaris biasanya muncul pada masa remaja dan biasanya berlanjut hingga pada masa dewasa. Penyebab dari jerawat Vulgaris karena kelebihan minyak, perubahan hormon serta tidak terlepas-nya kulit mati.

 Jerawat Rosacea
Jerawat Rosacea sangat sering terdapat pada wanita yang berusia 30 hingga 50 tahun. awalnya jerawat Rosacea akan terlihat seperti kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga dapat menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

Jerawat Nitrosica
Jerawat jenis Nitrosica harus anda waspada karena yang jika jerawat ini dibiarkan akan menyebabkan berlubangnya kulit wajah kita.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Sekarang kita telah masuk ke pokok bahasan, yaitu cara mengatasi jerawat secara alami, anda akan belajar  bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan es batu, Madu, Buah Lemon, Bawang Putih, Buah Tomat, dan Jeruk nipis.

1. Mengatasi Jerawat dengan Menggunakan Es Batu
Anda dapat menggunakan Es batu untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area jerawat  anda dan Es batu juga dapat mengecilkan pori-pori pada kulit, Es Batu juga dapat membunuh bakteri yang dapat penyebab jerawat, Membersihkan kotoran pada kulit serta dapat mengurangi minyak berlebih yang menumpuk pada kulit anda. Berikut ini caranya

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Es Batu
  • Sediakan es batu secukupnya, air, handuk, Wadah, Tisu Basah, dan Bando (Bando digunakan agar tidak menggangu anda jika rambut anda panjang)
  • Pertama bersihkan tangan dan muka anda dahulu dengan menggunakan tisu basah
  • Pegang  Es batu dengan menggunakan Handuk
  • Letakan atau Tempelkan pada wajah anda yang berjerawat secara menyeluruh dan merata
  • Tahan selama beberapa menit dan lepaskan ketika sudah tak bisa menahan rasa dinginnya
  • Teakhir bersihkan wajah anda yang besah dengan handuk
  • Lakukan cara ini dengan rutin hingga jerawat benar-benar sembuh

2. Menggunakan Madu
Madu memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh manusia yang terbukti. Bagi orang muslim madu merupakan obat untuk segala penyakit yang sudah diabadikan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Jadi madu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tubuh kita. Madu mengandung antibiotik yang cukup tinggi. Madu dapat mencegah terjadinya penyebarluasan infeksi yang diakibatkan meradangnya jerawat. Untuk itu kami telah memberikan tips untuk mengatasi jerawat secara alami dengan menggunakan madu


Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Madu
  • Siapkan madu murni secukupnya
  • Oleskan secara merata pada wajah anda yang terdapat jerawat menggunakan kapas
  • Selanjutnya Diamkan sekitar 25-35 menit
  • Setelah 25-35 menit Bersihkan wajah anda menggunakan air
  • Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal
3. Menggunakan Buah Lemon
Buah Lemon adalah salah satu buah yang banyak sekali mengandung vitamin C. Lemon sangat baik untuk mengobati jerawat, Buah lemon mampu untuk mengecilkan jerawat. Tetapi yang perlu anda ingat adalah gunakan buah  lemon yang masih segar dan cara ini tidak cocok untuk kulit yang sensitif. Nah untuk ciri-ciri kulit yang sensitif adalah Kulit sensitif ditandai dengan iritasi, rasa menyengat, gatal, rasa seperti terbakar, dan kencang. Untuk lebih mengenal tentang ciri dari kulit sentif anda bisa baca di situs http://www.femina.co.id/article/ciri-khas-kulit-sensitif

Cara Mengatasi Jerawat Menggunakan Lemon
  • Sediakan 1-2 buah lemon segar
  • Peras lemon dan letakkan perasan  airnya pada wadah
  • Basuhlah secara merata air lemon pada wajah anda yang berjerawat dengan menggunakan kapas
  • Lakukan ini cara ini secara rutin pada malam hari saat menjelang tidur 
 4. Menggunakan Bawang Putih
Bawang puti yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini merupakan antijamur, antiseptik, antioksidan dan antivirus yang sangat bermanfaat sekali untuk wajah berjerawat. Bawang putih juga mengandung sulfur yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bawang Putih


  • Ambil bawang putih dan potong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian
  • Gosok-gosokkan bawang putih yang telah dipotong ke jerawat dan biarkan selama 5-10 menit
  • Cucilah wajah menggunakan air bersih
  • Lakukan ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal


5. Menggunakan Buah Tomat
Buah yang satu ini merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin pada tomat yang cukup tinggi membuat buah ini dapat dimanfaatkan untuk masker wajah atau juga dapat di kita jadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat.

Cara mengatasi Jerawat Menggunakan Buah Tomat

  • Ambil satu buah tomat yang matang dan segar.
  • Selanjutnya iris-iris buah tomat menjadi tipis
  • Letakkan Irisan buah tomat tadi ke jerawat anda.
  • Selanjutnya Diamkan irisan buah tomat sekitar 10-15 menit
  • Lakukan dengan rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal
6. Menggunakan Buah Jeruk Nipis
Jeruk nipis adalah salah satu buah yang paling sering  digunakan ibu rumah tangga untuk keperluan memasak maupun untuk mencuci piring  kotor yang berminyak. Dan jeruk nipis sering sekali digunakan untuk pengobatan karena buah ini mengandung cukup banyak Vitamin C. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi jerawat yang terdapat pada wajah atau punggung anda dengan Jeruk.


Cara Mengatasi Jerawat Menggunakan Jeruk Nipis
  • Siapkan satu buah jeruk nipis
  • Peras sarinya hingga terkumpul sekitar 1 hingga 2 sendok makan
  • Campurkanlah perasan jurus nipis dengan madu 1-2 sendok makan
  • Lalu hasil dari campuran juruk nipis dan madu ini dioleskan pada jerawat
  • Biarkan selama 10 hingga 20 menit
  • Selanjutnya anda bisa membasuhnya dengan air hangat hingga bersih
  • Lakukan dengan rutin hingga jerawat anda sembuh


Itulah beberapa cara yang dapat  anda lakukan untuk menghilangkan jerawat anda secara alami. Ingat mengobati hanya menyembuhkan kita 50% saja untuk mendapatkan bebas dari jerawat hingga seratus persen anda harus menghindari apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, kami telah menjelaskan di atas. Berikut ini kami ringkaskan untuk anda agar lebih mudah mencatat atau mengingatnya, untuk penjelasan yang lebih rinci silakan baca artikel lengkapnya pada awal-awal artikel :

  1. Hindari memakai kosmetik yang berlebih dan berbahaya bagi kulit
  2. Jangan memencet jerawat anda
  3. Bersihkan wajah dengan cuci muka minimal 2X sehari
  4. Seringlah Olahraga
  5. Perbanyak meminum air putih
  6. Hindarkan pikiran dari stres
Demikianlah ulasan yang dapat kami utarakan kepada anda. Semoga artikel Cara mengatasi jerawat ini dapat membantu. Karena cara yang digunakan adalah cara alami maka cara-cara diatas tidak akan dapat mengatasi jerawat dengan instan namun jika anda melakukan dengan rutin, Insya allah jerawat anda akan hilang dan yang penting tanpa efek saping karena menggunakan bahan yang alami.  
Sumber
http://bebasjerawatan.blogspot.com. (2015, Agustus). 6 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Alami dan Efektif. Retrieved from Cara Menghilangkan Jerawat super cepat: http://bebasjerawatan.blogspot.com/2015/08/cara-menghilangkan-jerawat-membandel.html
Wajah Jerawat. (n.d.). 7 Macam-Macam Jenis Jerawat. Retrieved from Wajah Jerawat: http://wajahjerawat.com/7-macam-macam-jenis-jerawat-dan-cara-mengatasinya
Wikipedia bahasa Indonesia. (n.d.). Jerawat - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Retrieved from Wikipedia bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat
http://Youtube.com